Cari Blog Ini


Sabtu, 13 November 2010

Asta Tinggi Sumenep

| |


Kecamatan : Kota Sumenep
Desa : Kebonagung

  1. Nama Jenis Potensi Wisata : Asta Tinggi
  2. Luas Area : 112.2m x 109.25m
  3. Sarana dan prasarana :
    • Penginapan
    • Tempat Wudhu
    • Musolla
  4. Deskripsi Potensi Wisata :
    Obyek wisata ini terletak di desa Kebunagung sekitar 2,4 Km arah barat laut kota Sumenep dan terletak di kawasan dataran tinggi. Asta Tinggi merupakan situs makam Raja-raja Sumenep dan keturunannya yang dibangun pada tahun 1763. Asta atau makam raja-raja inidikelilingi pagar tembok yang terdiri dari batu kapur yang tersusun rapi tanpa perekat baik campuran semen dan pasir maupun pasir dan kapur. Di dalam Asta Tinggi terdapat cungkup dan kubah tempat kuburan raja-raja yang dihiasi oleh ukir-ukiran kayu hasil kerajinan seniman lokal sehingga memiliki cirri khas dan nilai ukir tradisional Sumenep pada masa lalu.
    Untuk masuk ke kompleks makam-makam raja ini, para pengunjung akan melewati pintu gerbang yang tinggi dan kokoh dengan dua buah prasasti di sebelah kiri dan kanan gerbang. Makam raja-raja ini terbagi menjadi tiga lokasi, yaitu makam Pakunataningrat di sebelah kiri gerbang utama, makam Sultan Abdurrachman, dan kompleks makam para patih, bupati, prajurit dan kerabat kerajaan yang lain.
    Lokasi Asta Tinggi cukup mudah dijangkau oleh wisatawan dan akses jalan serta fasilitas umum yang ada seperti wc umum, komunikasi, penerangan cukup memadai, sehingga para pengunjung yang melakukan ziaran merasa nyaman dan bisa lebih khidmat dalam ziarahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

LaZy TiMe !!!

Status :

CEWEK LAEN MONYET!!!

Tentang gw !!!

Foto saya
Sumenep, jawa timur, Indonesia
gw labil,, rebel,, simple,, just rock n roll !! \nn/

Muzic gw !!!

Diberdayakan oleh Blogger.
 
 

Designed by: Compartidísimo
Scrapping elements by: Scrappingmar©